MENYAMBUT TAHUN BARU 1434 H.

Menapaki perjalanan hidup dalam waktu, tak terasa sudah kita telah berada di penghujung tahun baik itu menurut kalender Hijriah maupun kalender Masehi. Ada baiknya kita kembali merenung / tafakur diri tentang apa yg telah kita jalani sepanjang tahun yg akan kita tinggalkan (baik/buruk) agar menjadi pelajaran untuk berbuat lebih baik lagi pada tahun yang akan datang. 

Sebagaimana telah diajarkan oleh Rasulullah SAW., sesuai dangan Hadits yg diriwayatkan oleh Abu Hurairah RA. bahwa Rasulullah SAW. bersabda,
”Tidak ada sesuatu pun di sisi ALLAH SWT. yang lebih mulia daripada doa.” (HR. Tirmidzi, Ibnu Majah)

Serta dalam rangka menyambut Tahun Baru 1434 H. yang Insya Allah akan datang beberapa hari lagi. Dan menutup tahun 1433 H. ini ada baiknya kita memanjatkan doa ke hadirat Allah SWT. sebagai berikut:

DOA AKHIR TAHUN
Doa Akhir Tahun ini dibaca saat setelah Shalat Ashar pada tanggal 29 atau 30 Dzulhijjah. Dengan seizin Allah SWT. tentunya kita yang memanjatkan doa ini mendapatkan perlindungan dari Alllah SWT. dari segala bentuk fitnah dan tipu daya setan serta pengampunan atas semua dosa satu tahun ke belakang.

Bismillaahirrahmaanirraahiim. Wa shollalloohu'alaa sayyididinaa muhammaadin wa'alaa aalihi wa shohbihii wa sallama, Alloohumma maa'amiltu fii hadzihis sanati mimmaa nahaitanii'anhu falam atub minhu wa lam ardhohu wa lam tansahu wa hamiltu 'alayya ba'da qudrotika 'uquubati wa da'autanii ilattaubati minhu ba'da jiroo-atii 'alaa ma'shiyatika fa-innii astaghfiruka faghfirlii bifadhlika wa maa'amiltuhu fiiha mimma tardhoohu wa wa'adtanii 'alaihits tsawaba wa as-aluka. Alloohumma yaa kariimu yaadzal jalaali wal ikroomi antaqobbalahu minnii walaa taqtho' rojaa-i minka yaa kariimu wa shollalloohu 'alaa sayyidinaa muhammadin wa 'alaa aalihi wa shohbihii wa sallama.

Artinya : "Dengan nama Allah yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Semoga rahmat dan salam Allah tetap tercurahkan kepada junjungan kami Nabi Muhammad teriring keluarga serta sahabat Beliau. Wahai Tuhanku, apa yang kami perbuat sepanjang tahun ini berupa perbuatan perbuatan yang Engkau larang kami melakukannya, sedangka kami belum bertaubat dari padanya dan Engkau tidak meridhoinya dan tidak melupakannya, dan Engkaupun telah menyayangi kami setelah Engkaupun kuasa untuk menyiksa kami, kemudian Engkau menyeru kepada kami untuk bertaubat setelah kami bermaksiat kepada Mu. Karena itu, kami mohon ampunan dari Mu, maka ampunilah Kami dengan Anugerah-Mu. Dan apa yang telah kami kerjakan di tahun ini adalah berupa perbuatan yang Engkau ridhoi dan Engkau janjikan pahala atasnya, kami mohon pada-Mu wahai Tuhanku, Dzat Yang Maha Mulia, yang memiliki Kebesaran dan Kemuliaan, agar Engkau terima amalan kami dan jangan hendaknya Engkau putuskan harapan kami dari-Mu, wahai Dzat Yang Maha Mulia. Semoga rahmat dan salam Mu tetap tercurahkan kepada junjungan kami Nabi Muhammad teriring keluarga serta sahabat beliau."

Serta saat memasuki tahun baru, yaitu 1434 H. ada baiknya kita memanjatkan doa ke hadirat Allah SWT. sebagai berikut : 

DOA AWAL TAHUN
Doa Awal Tahun ini dibaca saat setelah Shalat Rawatib Ba'da Maghrib pada malam tanggal 1 Muharram. Dengan seizin Allah SWT. tentunya kita yang memanjatkan doa ini mendapatkan perlindungan dari Alllah SWT. dari segala bentuk fitnah dan tipu daya setan satu tahun ke depan.
Bismillaahirohmaanirrohiim. Wa shollalloohu 'alaa sayyidinaa muhammadin wa'alaa aalihi wa shohbihii wa sallama. Allohumma antal abadiyyul qodiimul awwalu wa 'alaa fadhlikal 'adliimi wujuudikal mu'awwali wahaadza'aamunjadiidun qod aqbala nas-alukal 'ishmata fiihi minasysyaithooni wa auli yaa-ihi wa junuudihi wal 'auni 'alaa haadzihil ammaaroti bissuu-i wal istighooli bimaa yuqorribunii ilaika zulfa yaa dzal jallali wal ikroom ya arhammar rohimmina. Wa shollalloohu 'alaa sayyidinaa muhammadin wa 'alaa aalihi wa shohbihii wa sallama.

Artinya : "Dengan nama Allah Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Semoga rahmat dan salam Mu tetap tercurahkan kepada junjungan kami Nabi Muhammad teriring keluarga serta sahabat Beliau. Wahai Tuhanku, Engkau adalah Dzat Yang Maha Kekal, Dahulu dan Awal. Hanya dengan anugrah dan kemurahan-Mu Yang Agung, telah datang tahun baru. Di tahun ini kami memohon pemeliharaan-Mu dari Syetan, kekasihnya dan balatentaranya, dan kami memohon pertolongan-Mu atas hawa nafsu yang mengajak kepada kejelekan, dan kami memohon kesibukan dengan perbuatan yang dapat mendekatkan diri kami kepada-Mu wahai Dzat Yang Memiliki Kebesaran dan Kemuliaan, wahai Dzat Yang Maha Pangasih dan Penyayang. Semoga rahmat dan salam Mu tetap tercurahkan kepada junjungan kami Nabi Muhammad teriring keluarga serta sahabat beliau."

Semoga doa yg kita panjatkan ke hadirat Allah SWT. ini dapat diterima dan dikabulkan. Sebagai penutup dari catatan ini dan mengutip sebuah Hadits Rasulullah SAW. sebagai berikut : Rasulullah SAW. bersabda,
"Hati manusia adalah kandungan rahasia dan sebagian lebih mampu merahasiakan dari yang lain. Bila kamu mohon sesuatu kepada Allah 'Azza wajallah maka mohonlah dengan penuh keyakinan bahwa do'amu akan terkabul. Allah tidak akan mengabulkan do'a orang yang hatinya lalai dan lengah." (HR. Ahmad)

Wallahu'alam. ***

1 comments:

Anonymous said...

Amin.............