TUGAS SEBAGAI WAKIL KELUARGA MEMPELAI PRIA

Pernikahan adalah momen-momen yang membahagiakan bagi setiap keluarga, tetapi siapa dapat memperkirakan bahwa prosesi pernikahan yang digelar kadang kala membuat kita menjadi permisif karena kita merasa tidak / belum siap dan was-was. Hal ini juga berlaku buat kita yang sudah pernah menikah tetapi harus ambil bagian dalam prosesi pernikahan, misalnya bertindak sebagai wakil dari keluarga mempelai. Sebagaimana yang saya alami saat diminta untuk menjadi wakil keluarga mempelai pria yang harus memberikan kata sambutan pada prosesi pernikahan adik iparku. Hal yang pertama saya lakukan adalah bertanya pada orang-orang yang lebih tua dan yang pernah terlibat dalam prosesi pernikahan. Langkah kedua yang dilakukan adalah surfing di dunia maya untuk mencari naskah kata sambutan yang sesuai dengan kebutuhan saya tadi. Khusus untuk hal yang kedua saya lakukan adalah menggunakan search engine http://www.google.com dengan hasil pencarian yang cukup bagus naskahnya sebagai berikut :
  1. Naskah posting di SyamJr's WebBlog.
  2. Naskah posting di SAIFUL ROCHMAN.
Dari hasil pencarian di atas masih belum dapat memenuhi kebutuhan yang saya perlukan, lalu dengan sedikit modifikasi dan tambahan pemikiran sendiri, akhirnya jadi juga naskah kata sambutan sebagai wakil dari keluarga mempelai pria. Berikut ini adalah Naskah Sambutan Wakil Keluarga Mempelai Pria dalam Prosesi Ijab-Kabul :
Bismillahi Rahmani Rahim. Alhamdulillahi Robbil Alamin.
Wassholatu Wasalamu ala Saydina Muhammad SAW.

Puji serta Syukur ke Hadirat Illahi Robbi Allah SWT. Allah Yang Maha Pengasih dan Penyayang. Allah Yang Maha Pemurah Pencurah Rahmah. Dengan limpahan rahmat serta hidayah-Nya jua, kita diberi kesempatan dapat berkumpul bersama-sama disini dalam acara ini.
Sholawat dan salam, semoga tercurahkan ke Junjungan Alam Nabi Besar Muhammad SAW. Beserta keluarga, sahabat dan pengikut beliau hingga akhir zaman.

Yang Terhormat Sohibul Hajat Keluarga Besar Bapak ................ & Ibu ................. (nama lengkap orang tua mempelai wanita).
Yang Terhormat Tokoh Masyarakat serta Alim Ulama ................. (domisili lengkap mempelai wanita).
Bapak / Ibu serta Hadirin Sekalian yang berkenan meluangkan waktu serta meringankan langkah untuk hadir dalam acara ini.

Assalamu ’alaikum Wa rahmatullahi Wa barakatuh.

Kami atas nama Keluarga Besar Bapak ................ & Ibu ................ (nama lengkap orang tua mempelai pria) dari ................ (domisili lengkap mempelai pria) yang pada kesempatan ini mendampingi Saudara Pria Kami ................ (nama lengkap mempelai pria) untuk menjalani prosesi pernikahan dengan Saudari ................ (nama lengkap mempelai wanita) Putri Keluarga Bapak ................ & Ibu ................ (nama lengkap orang tua mempelai wanita), yang Insya Allah akan dilaksanakan beberapa saat lagi.

Pertama-tama, sebelum prosesi pernikahan dilaksanakan izinkanlah kami, untuk menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya dan rasa terima kasih yang tulus atas sambutan dan penerimaaan yang baik dari Keluarga Besar Bapak ................ & Ibu ................ (nama lengkap orang tua mempelai wanita) serta masyarakat ................. (domisili lengkap mempelai wanita). Karena pada dasarnya dalam suatu pernikahan disamping bersatunya dua insan dalam satu ikatan tali pernikahan, tetapi juga terjalinnya tali silahturahmi antara dua keluarga yang mengiringinya pula.

Selanjutnya pada kesempatan ini pula, kami mohon kesediaan dari Keluarga Mempelai Wanita untuk dapat kiranya menerima barang hantaran / seserahan yang dibawa oleh Keluarga kami dalam prosesi pernikahan ini.

Kemudian kami juga memohon do’a restu kepada Bapak / Ibu, Hadirin sekalian yang hadir pada acara ini, semoga kedua Saudara/i kami ................ (nama lengkap mempelai pria) & ................ (nama lengkap mempelai wanita) diberikan bimbingan, taufiq, hidayah serta kasih-sayang Allah SWT. sehingga dapat membina dan membangun suatu keluarga yang harmonis penuh kebahagiaan, sakinah mawaddah wa rahmah dan diberikan kekuatan iman, islam dan ihsan dalam menjalankan bahtera rumah tangganya kelak. Semoga dari pernikahan ini keduanya akan memperoleh keturunan yang baik sebagai penyejuk hati, pembawa barokah dan pembuka pintu rahmat. Serta jadikanlah pernikahan ini sebagai bentuk ibadah kepada Allah SWT. dan bukti ketaatan kepada sunnah Rasulullah SAW.

Akhirnya semoga dengan pernikahan Saudara/i kami ini, dapat semakin mempererat tali silaturahmi yang telah terjalin di antara kedua keluarga yaitu Keluaga Besar kami (Keluarga Bapak ................ & Ibu ................ (nama lengkap orang tua mempelai pria)) dari ................ (domisili lengkap mempelai pria) dengan Keluarga Besar di sini (Keluarga Bapak ................ & Ibu ................ (nama lengkap orang tua mempelai wanita)) dari ................. (domisili lengkap mempelai wanita).

Tiada kata yang sempurna untuk mengungkapkan perasaan kami beserta seluruh keluarga saat ini kecuali untuk merasa bangga, terharu dan bahagia. Insya Allah demikian pula kiranya yang dirasa oleh kedua orang tua kami.

Demikianlah kata sambutan ini. Tiada gading yang tak retak. Mohon maaf yang sebesar-besarnya bila terdapat kesalahan serta kekhilafan yang kami lakukan. Hal ini dapat terjadi semata-mata akibat keterbatasan ilmu, dan pengalaman yang kami miliki.

Akhirul Kalam.
Al haqqu mir Robbikum Wassalaamu ‘alaikum Wa rahmatullahi Wa barakatuh.
Demikian contoh naskah kata sambutan wakil keluarga yang dibuat untuk memenuhi kebutuhan saya pada saat kebagian tugas sebagai wakil keluarga mempelai pria. Naskah tersebut dapat dikembangkan lebih lanjut sesuai dengan kebutuhan. Selamat bertugas.............................

0 comments: