4 (EMPAT) CARA PENGUSIR 'UJUB (ANGKUH)


Diriwayatkan oleh Imam Abul Laits as-Samarqondy, beliau berkata bahwa ada 4 (empat) cara yang dapat mengusir dan memecah rasa 'ujub (angkuh) :
    PERTAMA, menyakini bahwa pertolongan (taufiq) apapun yang diterima dalam hidup adalah pemberian Allah jika demikian, ia akan sibuk dengan mensyukurinya
    KEDUA, selalu mengingat semua anugerah nikmat yang ia nikmati adalah berasal dari Allah jika demikian, ia akan sibuk mensyukurinya dan tak ada sedikitpun kesempatan 'ujub kepada-Nya.
    KETIGA, selalu khawatir dan merasa takut bahwa amal perbuatannya tidak diterima Allah jika demikian, ia akan sibuk dengan ketakutannya tidak diterima amal dan tidak 'ujub akan kebaikannya.
    KEEMPAT, selalu mengingat dan melihat akan semua dosa dan kesalahan yang dilakukannya jika demikian, ia akan berfikir akankah kebaikannya dapat menghapus dosa kesalahannya...?
Bagaimana mungkin seorang yang angkuh / 'ujub dengan amal perbuatan baiknya, sementara ia tidak tahu catatan amal apa yang tertulis dalam bukunya kelak di yaumil akhir..............?

[Sumber : Kitab "TANBIHUL GHAFILIN" karya Abul-Laits as-Samarqondy hal 176]

0 comments: