MEMBUAT BLOG MENJADI ANTI COPY-PASTE

Persoalan Copy-Paste di dunia maya / blogger telah lama terjadi dan berkembang sedemikian rupa sehingga pada akhirnya menjelma menjadi seperti sekarang ini.

Sebenarnya di beberapa blog, banyak pemilik / penulis blog memperbolehkan pengunjung blog melakukan proses Copy-Paste atas artikel yang ditulisnya dengan catatan seperti meminta izin terlebih dahulu, memasukkan link sumber tulisan dan sebagainya.

Tetapi kadang-kadang memang diantara pengunjung blog itu ada yang nakal, untuk mendapatkan sebuah artikel mereka melakukan dengan cara Copy-Paste tanpa permisi dan yang lebih parah tidak menuliskan link sumber tulisannya.

Padahal mungkin pemilik / penulis blog tersebut dalam berkarya harus bertapa berhari-hari di Gua Selarong atau memandangi sunset di Pantai Kuta atau mungkin sambil duduk (maaf B.A.B.) di singasana WC terlebih dahulu untuk mendapatkan ide tulisan (he..he..he..). Jadi inilah yang menyebabkan beberapa teman pemilik / penulis blog merasa didzolimi karena hasil karyanya diserobot begitu saja.

Ada banyak cara yang ditempuh oleh penulis atau pemilik blog / blogger untuk menghindari blognya dari aktivitas para pelaku Copy-Paste. Salah satu caranya yang akan saya sampaikan disini dan cara ini bukanlah cara yang baru tapi saya anggap cukup mumpuni dan ampuh menghadapi aksi copy-paste (sebagai bukti cara ini sudah saya coba pada blog ini).

Berikut ini adalah cara menghindari blog dari aksi Copy Paste :
  1. Masuk ke Dashboard Blog anda lalu menuju Rancangan
  2. Edit Template HTML dan jangan lupa centang Expand Template Widget
  3. Masukkan script di bawah ini pada bagian setelah bagian HEAD
Cara ini saya dapatkan dari hasil keliling di dunia maya / blog walking pada tempat berikut ini http://blog.unsri.ac.id/Ismi/tips-trik/membuat-blog-tidak-dapat-di-copy-paste/mrdetail/10219/

Anda bisa langsung ke sumber tulisan ini, sebagaimana tersebut di atas (Tapi jangan terkejut blog ini agak nyentrik sedikit, karena untuk beberapa saat layar anda akan diambil alih oleh program dari blog tersebut sebelum halaman blog muncul penuh. Sekali lagi jangan terkejut).

Akhirnya sebagai penutup :
  1. Jika anda (pelaku aksi Copy-Paste) yang hendak mengambil karya orang lain dengan aksi Copy Paste sebaiknya memintalah izin terlebih dahulu kepada pemilik / penulis blog, kemudian masukkan link sumber tulisan tersebut.
  2. Mari kita hargai orang lain jika ingin kita dihargai. Lakukan copy-paste dengan etika yang santun dan baik.
  3. Selalu menyakini bahwa yang terbaik adalah karya cipta sendiri.
Mudah-mudahan tulisan singkat ini dapat berguna bagi teman blogger. Terutama bagi teman blogger yang merasa terganggu oleh aksi para pelaku Copy-Paste.

(Tapi saya sih tidak terganggu tuh.......He..he..he.)

0 comments: