PASANG NEWSTICKER METRO TV PADA BLOG

Eh, ketemu lagi dengan teman-teman yang beruntung, karena saat ini sedang berkunjung di tempat ini serta kebetulan sedang membaca artikel ini. Artikel yang saya posting kali ini bukan barang baru, boleh dibilang sudah lama tapi menurut saya belum terlalu ketinggalan zaman.

Teman, pernah dengar tentang newsticker... Pasti pernah, kalau ada yang jawab belum pasti itu kabar burung karena mungkin teman tahu bentuk tapi ngak tahu nama serta saya yakin 100% di rumah pasti punya televisi dong. Jadi pasti pernah lihat. Hehehehe.

Newsticker adalah rangkaian teks berjalan yang berisi berita-berita singkat yang selalu up to date, yang sering kita lihat di layar televisi. Dari situ timbul ide dan keinginan saya untuk belajar memasang newsticker atau rangkaian teks berita berjalan di blog agar mendapat berita-berita yang selalu up to date sambil nge-blog. Disamping itu juga biar temen-temen yang datang berkunjung di blog saya merasa betah, juga didorong oleh keinginan untuk mengisi blog dengan tulisan mengenai cara memasang newsticker yang begitu mengebu-gebu. Hehehehe. Maka pertama-tama saya berkunjung dan bertanya sama empu "Google" yang kesohor kesaktiannya kalo ditanya mengenai apa saja di dunia maya... Breet... empu "Google" memberi wangsit kepada saya, berupa rentetan laman/page yang memuat pengajaran-pengajaran cara memasang newsticker pada blog mulai dari model lama sampai dengan model baru.

Pilih punya pilih, akhirnya yang saya cari yaitu cara pasang newsticker, akhir ketemu juga. Kemudian saya berkeliling dan berkelana serta berguru di dunia maya alias blogwalking memasuki laman/page blog yang direkomendasikan oleh empu "Google" tadi. Disini kelihatan banyak sekali guru-guru sakti dan canggih yang bersemayam pada beberapa blog yang menyajikan posting artikel berkaitan dengan cara pemasangan newsticker itu (maaf, tidak bisa saya sebutkan satu persatu di sini, karena terlalu banyak.) Semula setelah saya mencoba menerapkan ilmu tersebut ternyata tidak ada yang cocok dengan kebutuhan serta kondisi blog saya. Akhirnya saya putuskan untuk mencoba ilmu-ilmu tersebut yang telah dimodifikasi agar sesuai dengan kebutuhan blog saya. Sedikit catatan yang saya masukin di sini adalah newsticker dari "http://www.metrotvnews.com" ini agak lain dengan yang ada di televisi karena ada banner gede milik CBN.net (Ngak apa-apalah, yang penting isi beritanya and tujuan utamanya adalah belajar sudah tercapai.. Hehehehe.)

Dengan modal nekat yang dimiliki maka, diramulah beberapa jurus ampuh dan jamu kuat malu menjadi satu sehingga ditemukanlah satu paduan yang dianggap cocok oleh saya untuk kondisi blog punya saya itu. Berikut ini saya sampaikan ramuan cara pasangnya :
  1. Login ke blogger masuk ke "Dashboard" terus klik "Rancangan/Layout"-->> Edit HTML.
  2. Cari kode berikut ini dengan shortcut (CTRL+F), kalau mau simpan newsticker di bagian atas blog setelah header

    atau cari kode berikut ini, kalau mau simpan newsticker di bagian bawah blog

    Setelah ketemu kode di atas lalu pasang script berikut ini di atas kode tadi.
  3. Atur tinggi/height dan lebar/width dari widget tadi sesuai dengan kondisi laman/page blog kamu.
  4. Save Template.
Jadilah sudah sebuah newsticker yang terpasang indah di laman/page blog saya (tuh lihat bagian atas laman/page ini).

Update (16-Maret-2012): Karena newsticker dari situs METRO yang tersebut di atas sekarang jarang update. Apabila temen-temen mau menggantinya bisa pakai newsticker dari situs El-Shinta "http://www.elshinta.com/" dan caranya hampir mirip dengan yang sebelumnya.


Selamat mencoba, dan jangan takut untuk mencoba, karena anda adalah orang-orang yang beruntung. And sampai jumpa pada posting artikel berikutnya.

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

[Ditulis / reposting berdasarkan dari berbagai sumber]

0 comments: