BEKAL HAJI TERBAIK

Gelombang cinta untuk memenuhi panggilan ibadah haji kian menaik. Keyakinan yang tumbuh dalam hati setiap hamba untuk memenuhi panggilan Allah SWT. semakin kuat. Hal ini terbukti dengan semakin meningkatnya jemaah haji Indonesia dari masa ke masa yang terus melejit.

Seiring dengan tingkat keyakinan untuk menunaikan ibadah haji semakin meningkat, dipandang penting jemaah dibekali pencerahan. Apa sebenarnya bekal untuk menunaikan ibadah umrah dan haji ? Apakah "fulus" yang banyak ? 

Ibadah haji merupakan perjalanan rohaniah. Bekal utama adalah ikhlas, sabar, dan tawakal yang akan mewarnai sikap perilaku dalam memenuhi panggilan Allah. Ketiganya merupakan syariah (jalan) menuju hakikat (tujuan) menggapai keridhaan Allah.

Jarang kita dapatkan pembekalan kepada jemaah haji dalam manasik. Haji itu capek tetapi nikmat. Apa sebenarnya yang membuat nikmat itu ? Ketulusan semata-mata mengharap keridhaan Allah sehingga capek yang luar biasa, tetapi sungguh dapat mengantarkan kepada kebahagiaan.

Kadang terjadi pembiaran kepada jemaah haji di Tanah Suci yaitu dilepas begitu saja. Padahal, tidak sedikit di antara mereka masih awam dengan manasik haji. Al-Qur'ran menandaskan,

وَتَزَوَّدُوا فَإِنَّ خَيْرَ الزَّادِ التَّقْوَىٰ
Berbekallah kalian, sesungguhnya sebaik-baik bekal adalah takwa. (QS. Al-Baqarah : 197)

Indikatornya adalah ikhlas, sabar, dan tawakal

 إِنَّ صَلَاتِي وَنُسُكِي وَمَحْيَايَ وَمَمَاتِي لِلَّهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ
Sesungguhnya shalatku, ibadahku, hidupku, dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam. (QS. Al-An'aam: 162)


Pertama, ikhlas.

قُلْ إِنِّي أُمِرْتُ أَنْ أَعْبُدَ اللَّهَ مُخْلِصًا لَّهُ الدِّينَ
Katakanlah, sesungguhnya aku diperintahkan supaya menyembah Allah dengan memurnikan ketaatan kepada-Nya dalam (menjalankan) agama. (QS. Az-Zumar : 11)

Imam Al Ghazali memandang ikhlas merupakan refleksi dan manifestasi pertama dari al mahabbah (cinta). Ikhlas itu buah dari mahabbah. Tumbuhnya rasa cinta yang mendalam kepada Allah, terbitlah ikhlas. Bekal pertama dan utama dalam menunaikan ibadah haji adalah ikhlas sehingga bisa melaksanakan seluruh aktivitas semata-mata mengharap keridhaan Allah.

Menunaikan ibadah haji bukan hanya dzikir dan doa, tetapi di dalamnya terdapat riyadah (pelatihan) spektakuler menuju tujuan hakiki Allah. Haji akan melatih setiap hamba untuk ikhlas dalam berbagai hal. Semangat berkarya untuk menuai manfaat bagi umat telah menjadi target dalam ibadahnya.

Sikap ikhlas ini pun akan melahirkan kepeduliaan sosial, kesalehan sosial, sekaligus akan membangun tatanan peradaban umat manusia menuju kemandirian hakiki.

وَيُطْعِمُونَ الطَّعَامَ عَلَىٰ حُبِّهِ مِسْكِينًا وَيَتِيمًا وَأَسِيرًا
إِنَّمَا نُطْعِمُكُمْ لِوَجْهِ اللَّهِ لَا نُرِيدُ مِنكُمْ جَزَاءً وَلَا شُكُورًا
إِنَّا نَخَافُ مِن رَّبِّنَا يَوْمًا عَبُوسًا قَمْطَرِيرًا
Dan mereka memberikan makanan yang disukainya kepada orang miskin, anak yatim, dan orang yang ditawan. Sesungguhnya kami memberi makanan kepadamu hanyalah untuk mengharapkan keridhaan Allah, kami tidak menghendaki balasan dari kamu dan tidak pula (ucapan) terima kasih. Sesungguhnya kami takut akan (azab) Tuhan kami pada suatu hari yang (di hari itu) orang-orang bermuka masam penuh kesulitan. (QS. Al-Insaan : 8-10)

Kedua, sabar.
Ibnu Qayyim Al jauziyah mengatakan, sabar adalah menahan perasaan dari gelisah, putus asa, dan amarah, menahan lidah dari mengeluh, menahan anggota tubuh dari mengganggu orang lain. Imam Al Ghazali menegaskan sabar pada sisi keberpihakan terhadap nilai-nilai agama dan mengesampingkan hawa nafsu.

Jemaah haji dilatih untuk berada dalam kafilah yang dapat mengantarkan kepada kebahagiaan melalui penetapan nilai akhlak dalam kehidupan. Haji harus berbekal sabar. Karakter sabar dapat meraih keunggulan amaliyah. Momentum ibadah haji itulah saatnya yang tepat meraih dimensi kesabaran.

Ketiga, tawakal.
Tawakal yakni sikap yang dipilih setelah seseorang melakukan usaha maksimal.

وَمَن يَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ فَهُوَ حَسْبُهُ ۚ إِنَّ اللَّهَ بَالِغُ أَمْرِهِ ۚ قَدْ جَعَلَ اللَّهُ لِكُلِّ شَيْءٍ قَدْرًا
Dan barang siapa yang bertawakal kepada Allah, niscaya Allah akan mencukupkan (keperluan)-nya. Sesungguhnya Allah melaksanakan urusan yang (dikehendaki)-Nya, Sesungguhnya Allah telah mengadakan ketentuan bagi tiap-tiap sesuatu. (QS. At-Talaaq : 3)

فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ ۚ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ الْمُتَوَكِّلِينَ
Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, bertawakallah kepada Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakal kepada-Nya. (QS. Ali Imran : 159)

إِنَّمَا الْمُؤْمِنُونَ الَّذِينَ إِذَا ذُكِرَ اللَّهُ وَجِلَتْ قُلُوبُهُمْ وَإِذَا تُلِيَتْ عَلَيْهِمْ آيَاتُهُ زَادَتْهُمْ إِيمَانًا وَعَلَىٰ رَبِّهِمْ يَتَوَكَّلُونَ
Sesungguhnya orang-orang yang beriman ialah mereka yang bila disebut nama Allah gemetarlah hati mereka dan apabila dibacakan ayat-ayat-Nya bertambahlah iman mereka (karenanya), dan hanya kepada Tuhanlah mereka bertawakal. (QS. Al-Anfaal : 2)

Tawakal, berserah diri kepada Allah setelah berusaha seoptimal mungkin, telah menjadi kebutuhan fundamental bagi jemaah haji. Semakin terlatih dirinya merapat kepada Allah, semakin kuat daya tahan dan daya kendali dalam jiwanya.

Walhasil, ikhlas, sabar, dan tawakal adalah bekal utama dalam menunaikan ibadah haji. Ketiga indikator takwa itulah menjadi syariat untuk tercapainya hakikat haji.

Wallaahu a'lam. ***

[Ditulis Oleh KH. NANDANG KOSWARA, pembimbing Haji Plus dan Umrah Qiblat Tour dan KBIH Darul Hikam serta ketua Syarikat Islam Jabar. Tulisan disalin dari Harian Umum "PIKIRAN RAKYAT" Edisi Selasa (Wage) 13 September 2011 / 14 Syawal 1432 H. pada  Kolom "UMRAH & HAJI"]

by

u-must-b-lucky

0 comments: