MEMBANGUN BLOG

Artikel ini saya susun buat membantu rekan-rekan yang berniat membangun sebuah blog di permukaan dunia maya ini.. Disamping itu juga untuk menjawab e-letter dari seorang teman yang masuk ke e-mail ku beberapa hari yang lalu.

Di dalam dunia maya ini sepertinya nyaris tidak ada hal yang mustahil, apapun dapat kita lakukan dengan berbagai sarana pembantu yang dapat dengan mudah kita temukan di sini. Mulai dari membuat sesuatu yang bermanfaat bagi diri kita dan sekitar kita ataupun yang merusak diri kita dan lingkungan kita.

Kembali lagi ke masalah membangun sebuah blog, pembahasan mengenai hal ini mungkin sudah berjumlah ribuan mungkin lebih). Tapi guna membantu teman-teman yang ingin memiliki blog dan masih belum tahu cara membangunnya. Biasa disamping tujuan yang tersebut sebelumnya ada maksud yang juga tidak kalah penting buat saya yaitu senam otak (alias menulis sebuah artikel) lewat jogging jari (alias membuat jari menari di atas papan ketik) agar senyum tetap terkembang di bibir yang membawa suana hati bahagia lewat nge-blog (Keep smiling and happy blogging.). Jadi kepanjangan alias ngelantur kemana-mana nih........ (Ssst jangan bilang siapa-siapa yah maksud sebenarnya sih biar panjang tulisannya.)

Makin lama makin banyak populasi blog di jagat maya ini, hal ini ditandai dengan semakin banyak teman-teman yang ingin memiliki blog. Maka dari itu diperlukan semacam panduan yang dapat membimbing secara sistematis mulai dari perencanaan hingga muncul di permukaan (publish) secara penuh. Di sini hanya diberikan langkah-langkah secara garis besar saja, teman.

SAYA INGIN MEMILIKI BLOG !
APA YANG HARUS SAYA LAKUKAN ?

Kebanyakan orang dalam membangun sebuah blog dilakukan secara tergesa-gesa, gradak-gruduk alias tidak terencana. Setelah blog jadi seiring dengan berjalannya waktu ketika suatu saat mereka mulai menemukan style-nya dalam nge-blog. Saat itu pula mereka mulai merasakan adanya kesalahan dalam blog yang mereka buat itu . Mereka merasa tidak cocok dengan nama blognya, kurang cocok dengan domain blognya, kurang cocok dengan tampilan pada blog, dan lain-lain.

Langkah awal yang disarankan adalah Tentukan Konsep / Bentuk Blog, biar ke depannya kita enak untuk mengelola blog. Lalu apa yang akan kita tentukan dalam Konsep / Bentuk Blog.

1. TUJUAN KITA MEMBANGUN BLOG
Apa tujuan kita membangun sebuah blog ? Hobi ? menyalurkan pemikiran yang terpendam ? mencari kenalan baru ? mencari uang ? personal branding ? memanfaatkan waktu yang ada ? tempat mengekspresikan perasaan anda ? menyalurkan hobi menulis anda ? bisnis ? memperlihatkan porto folio anda ? tools untuk mempromosikan keahlian anda ? Apapun tujuan kita, tentukan dari awal, agar kedepannya kita akan lebih mudah merawat blog milik kita. Menentukan tujuan blog akan memudahkan kita untuk menentukan banyak hal, seperti jenis blog yang akan kita publish, design blog yang cocok untuk blog kita, dan masih banyak hal yang lain.

2. JENIS BLOG YANG AKAN KITA BANGUN
Nah setelah tujuan membangun blog kita ketemu, selanjutnya kita akan mengetahui jenis blog seperti apa yang akan kita bangun, dan apa niche blog kita. Disini ada blog humor, build for adsense, personal blog, online journal, dsb. Untuk lebih jelasnya jenis-jenis blog yang bisa menjadi referensi buat menentukan jenis blog yang akan kita bangun. Lihat di sini. Kita jangan terpaku pada jenis-jenis blog yang ada di situ. Kita bebas menentukan jenis dari blog yang akan kita bangun sesuai dengan hati kita. Bebas sebebas-bebasnya.

3. APA YANG AKAN DITAMPILKAN PADA BLOG YANG AKAN KITA BANGUN
Untuk langkah yang ini disarankan supaya kita melihat beberapa blog yang kita anggap baik untuk dijadikan contoh. Hal ini bisa dilakukan dengan jogging jari alias blog walking. Apa yang akan kita tampilkan pada blog yang akan dibangun ini meliputi :
  • Fitur– fitur yan hendak kita tampilkan pada blog.
  • Widget–widget yang hendak kita pasang di sidebar blog.
  • Design seperti apa yang kita inginkan untuk blog yang akan dibangun.
4. PILIH DOMAIN UNTUK BLOG YANG AKAN KITA BANGUN
Setelah menentukan tujuan, jenis dan apa yang ditampilkan pada blog yang akan kita bangun tersebut. Selanjutnya kita memilih domain untuk blog yang akan dibangun. Domain blog ini terbagi atas 2 (dua) yaitu,
  • Domain gratis yang berada di bawah domain penyedia jasa blog gratis. Blog dengan domain gratis seperti http://umustlucky.blogspot.com, http://jasa-iklan.wordpress.com, dll. Menggunakan blog gratis ini memiliki keuntungan seperti gratis dan tidak repot mengelolanya, dll. Sedangkan kekurangan blog domain gratis adalah terlihat kurang profesional untuk keperluan bisnis, dan eksistensi domain anda bergantung pada penyedia jasa blog itu sendiri.
  • Domain berbayar dengan nama domain kita sendiri. Blog dengan domain berbayar seperti http://bloggku.com, http://rada-mikir.web.id, dll. Kemudian keuntungan jenis blog dengan domain berbayar adalah lebih meyakinkan, terutama untuk kebutuhan branding produk. Sedangkan kekurangnya adalah kita harus menyisihkan uang untuk berlangganan domain dalam periode waktu tertentu, dan perhatian untuk mengelolanya.
Untuk membuat blog domain gratis yang berada di bawah domain blogspot.com seperti blog ku ini, kita bisa langsung belajar dan praktek lewat artikel ini.

Dan bagi yang mau membuat blog dengan domain berbayar dapat langsung terjun ke sini. atau baca-baca ini.

Akhirnya sebelum saya akhiri artikel ini yang perlu diingat "Tidak mungkin blog kita langsung sempurna pada langkah pertama ini." Masih banyak perbaikan-perbaikan yang akan dilakukan pada masa yang akan datang. Jika kita melaksanakan tahapan seperti di atas setidaknya perbaikan yang akan dilakukan pada masa yang akan datang dapat dilakukan dengan efisien dan lebih terarah tanpa harus merombak total blog kita.

Tulisan ini disalin dari sumber sebagai berikut :
  1. <bloggingly>
  2. RidwanAZ.com
  3. NGEBLOG ASIK
Saya secara pribadi menyampaikan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada masing-masing pengelola / Admin dari sumber tulisan di atas.

Maaf jika masih banyak kekurangan dalam penulisan artikel ini, namanya juga pemula / rookie yang mencoba senam otak dan joging jari dengan ilmu alakadarnya. Semoga artikel ini dapat berguna bagi kita semua.

Keep smiling and happy blogging.

by

u-must-b-lucky

0 comments: