SETEGUK AIR BAGI SEEKOR ANJING

Diriwayatkan seorang pejalan kaki menderita kehausan yang amat sangat. Kebetulan ia menemukan sumur berisi air jernih, tetapi sangat dalam. Dengan bersusah payah, ia menuruni sumur tersebut, hingga berhasil menyeduk air dan meminumnya hingga puas.

Begitu naik lagi ke atas, tampak olehnya seekor anjing. Menjilat-jilat tanah sekitar bibir sumur, sekadar untuk menghilangkan rasa haus yang menderanya.

"Anjing itu pasti merasakan penderitaan yang sama dengan aku tadi," pikir pejalan kaki yang sudah kembali segar bugar. "Aku perlu menolongnya."

Segera ia turun lagi ke dalam sumur. Meskipun amat susah payah meniti dinding lubang sumur yang licin dan curam, ia terus berupaya. Semata-mata karena niat ikhlas ingin memberi minum seekor anjing yang kehausan. Setelah sampai di bawah, ia menyeduk air dengan terompahnya. Susah payah membawanya ke atas, dan memberikannya kepada anjing yang sudah tergeletak tak berdaya.

Alhamdulillah, anjing itu tertolong juga. Luput dari maut, berkat seteguk air dari terompah pejalan kaki yang murah hati. Anjing itu menatap pejalan kaki, seolah-olah mengucapkan terima kasih tak terhingga. Dan Allah SWT. juga ikut berterima kasih serta mengampuni segala dosa masa lampau pejalan kaki itu.

Beberapa sahabat yang mendengar kisah itu melalui penuturan Abu Hurairah, bertanya kepada Rasulullah SAW. "Apakah kita akan mendapat pahala karena berbuat baik kepada hewan, ya Rasulullah ?"

Rasulullah SAW. menjawab, "Setiap perbuatan baik kepada setiap yang hidup, ada pahalanya."

Syaik Ali Najif asy Syuhud, penulis kitab Al Khulashatufi Fadlailul Amal (Edisi 2011) menyatakan, hadits tentang pejalan kaki memberi minum anjing, adalah sahih. Diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim (mutafaq alaihi). ***

[Ditulis Oleh H. USEP ROMLI H.M., guru ngaji di pedesaan Cibiuk, Garut, pembimbing ibadah haji dan umrah BPHU Megacitra / KBIH Mega Arafah, Kota Bandung. Tulisan disalin dari Harian Umum "PIKIRAN RAKYAT" Edisi Selasa (Wage) 9 Agustus 2011 / 9 Ramadhan 1432 H. pada Kolom "KISAH RAMADAN"]

by

u-must-b-lucky

0 comments: